PROSPEK TANAMAN JABON SEPER

Sabtu, 01 Mei 2010

BUDIDAYA JABON SUPER

BUDIDAYA
Pohon JABON SUPER ( Arithocephalus Cadamba)merupakan salah satu jenis tanaman kayu asli Indonesia yang pertumbuhannya paling cepat dan dapat tmbuh subur di hutan tropis dengan ketinggian antara 0-1000dpl.
Saat ini kayu JABON SUPER menjadi andalan nomer dua setelah kayu jati, karena kayu Jabon memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan tanaman kayu lainnya termasuk sengon/Albasia/Mahoni.
Tanaman JABON SUPER dapat diuraikan dari beberapa sisi, diantaranya :














  • Diameter batang dapat tumbuh berkisar 10 cm/tahun
  • Masa panen sangat singkat hanya 4 - 5 tahun saja
  • Berbatang selinder, tingkat kelurusan yang sangat bagus dengan ketinggian kurang lebih 20 m dalam usia 4 - 5 tahun
  • Tidak memerlukan perawatan khusus
  • Tidak memerlukan pemangkasan karena pada saat pertumbuhan cabang akan rontok dengan sendirinya (Self Puming)
  • Dapat tumbuh disegala lapisan tanah
  • Bebas serangan hama dan penyakit termasuk karat tumor seperti yang menyerang pada tanaman sengon.
BENTUK BATANG












Gambar : Pohon Jabon Super Setelah ditebang
Ciri dan Karakteristik JABON SUPER
  • Bentuk Selinder Tegak Lurus
  • Permukaan Kayu licin berwarna putih kekuning kuningan mirip pohon meranti
  • Kulit mudah dikupas
  • Mudah dikeringkan
  • Sedikit mengalami Penyusutan PENANAMAN DAN PERAWATAN
Jarak tanam pada umumnya menggunakan jarak tanam yang direkomendasikan yaitu 4 x 5 m. jarak tersebut dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan diameter batangnya,sebab radius lingkaran bayangan kebawah batang atas pohon adalah wilayah penyerapan unsur-unsur hara ditanah oleh akar pohon. jadi jarak 4 x 5 m adalah yang paling baik bagi pertumbuhan pohon jabon.
Namun kalau kitabudidayakan di tanah tegal / pekarangan sebenarnya kita masih bisa menggunakan pola tanam 3 X 4 m / 4 X 4 M tergantung kondisi tanah

Cara Tanam :
Buka Lobang Lebar.40 x Panjang.40 x dalam 50 cm. (untuk bibit 40-50 cm) untuk bibit 25-30 Cm dalamnya bisa 40 cm
Lalu masukan Kompos + NPK 2,5 gr (campur) sebagai pupuk dasar diendapkan dilubang setinggi 30 cm (dapat langsung tanam / 3-7 hr kemudian baru tanam),kemudian masukkan bibit yang polibagnya sudah dibuka/disobek kedalam,dudukan yang benar/rata,lalu isi tanah kompos sebagai penutup akar dengan tanah setinggi 20 cm (jangan diterlalu dipadatkan),hingga tersisa lubang 10 cm sebagai kantong air.

PERAWATAN :
Semprot Pungisida secara aktip per 2 minggu sekali selama 3-5 bulan tergantung keadaan gangguan, agar daun tidak dimakan ulat.setelah daun cukup banyak pengusida sudah tidak perlu disemprotkan lagi,sebab daun tidak akan habis dimakan ulat sebab daun sudah banyak.

PEMUPUKAN :
untuk pertumbuhan maksimal dapat dilakukan sampai usia 3 tahun, cukup kompos + NPK, Periode pemupukan 1-2 kali/setahun.
awal tanam - 1 Tahun : NPK 1 sendok makan (tabur jgn kena/menumpuk pada batang pangkal)
1 Tahun - 2 Tahun : Kompos 10 kilo + NPK 2,5 On
2 Tahun - 3 Tahun : Kompos 20 kilo + NPK 7,5 On
Dapat juga hanya dengan kompos :
1 Tahun - 2 Tahun : Kompos 30 Kilo
2 Tahun - 3 Tahun : Kompos 30 kilo

Kompos sangat penting peranannya,kompos berperan sebagai absorbent yg dapat menyimpan mineral & unsur hara dan memperlancar pertukaran kation didalam tanah. tampa kompos tanah semakin lama semakin jenuh,jika tanah jenuh pemberian pupuk menjadi sia-sia dikarenakan tanah jenuh tidak dapat lagi mengikat mineral sehingga pupuk yang diberikan tidak dapat mengurai kedalam tanah dan akan menguap atau tercuci, kompos memperbarui kondisi tanah dan menjadikan tanah disekitar pangkal pohon/akar menjadi lembab dan subur, dengan kompos pupuk yang diberikan dapat mengurai dengan baik sehingga akar menjadi mudah menyerap unsur hara tersebut.

Perawatan Kebersihan disekitar pohon,agar sumber makanan akar tidak terganggu dan dapat maksimal diserap akar pohon.minimal perawatan sampai usia 1 tahunan,untuk selebihnya dapat juga dibiarkan,sebab daya serap akar sudah kuat.

KEGUNAAN
Karena jenis kayu JABON SUPER yang berwarna putih agak kekuningan dengan serat yang halus tapi padat, ulet dan tidak gampang retak / patah, maka jenis kayu ini sangat dibutuhkan oleh industri kayu lapis ( plywood), industri mebeler, Rumah Knok Down, triplek , dan aneka kerajinan seperti mainan anak, sangkar burung, alas sepatu dll.
Dari berbagai hal alasan itulah yang menyebabkan JABON SUPER sama sekali tidak mengalami kesulitan dalam hal pemasaran .
Perusahaan M
abel Bahan Kayu Jabon










MANFAAT
  • Memperbaiki ekosistem sumber hayati.
  • Membantu dalam penyerapan air hujan kedalam tanah.
  • Menciptakan sumber penghasilan jangka panjang.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak masyarakat
  • Menumbuhkan kecintaan akan alam dan lingkungan
  • bisa sebagai model usaha bidang kehutanan yang sinergi dengan pertanian maupun peternakan (Agroforestry)

NILAI EKONOMI

Budidaya tanaman jabon akan memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar. Perkiraan dalam 4 – 5 tahun mendatang, diperoleh dari penjualan 1000 pohon berumur 4 – 5 tahun dengan hasil kayu sebanyak 800 – 1.000 m3 per ha. Prediksi harga jabon pada 5 tahun mendatang Rp1,2-juta/m3. Dengan harga jual Rp1,2-juta per m3 dan produksi 800 m3, maka omzet dari penanaman jabon mencapai Rp960-juta per ha. Saat ini harga per m3 jabon berumur 4 tahun mencapai Rp716.000; umur 5 tahun, Rp837.000. Andai harga jabon tak terkorek naik alias Rp716.000 per m3, maka omzet dari budidaya jabon ‘hanya’ Rp572.800.000. Biaya penanaman dan pemupukan selama 5 tahun diperkirakan Rp. 30.000 / batang . sehingga kalau kita lihat dari asumsi ini Tanam Jabon sangatlah menjanjikan baik dari segi keuntungan maupun waktu yang tidak terlalu panjang dalam berinvestasi.

PELUANG INVESTASI

"Menanaman Pohon Jabon Bagaikan Menanam Batangan Emas Diladang Kita Sendiri"

sebab kebutuhan kayu akan terus meningkat, dan saat ini pemerintah melarang penggunaan kayu bulat hasil tebangan hutan alam, akibatnya banyak industri tutup akibat kekurangan pasokan kayu, jadi pada masa mendatang, harga kayu jabon akan semakin meningkat terus, seiring dengan Menipisnya kayu baik di pulau Jawa dan Kalimantan.

Tidak ada komentar: